BSSN Selenggarakan Cybersecurity Drill Test Sektor Pemerintah

Berita 10 Oktober 2019 14:30:15 WIB


Jakarta (27/03). Simulasi penanganan bencana tidak hanya terjadi di dunia nyata, di ranah siber juga dilaksanakan simulasi untuk penanganan bencana. Aktivitas simulasi penanganan bencana di ranah siber biasa disebut dengan Drill Test. Drill Test dapat digunakan sebagai latihan untuk menangani insiden keamanan di ranah siber. Drill Test itu sendiri adalah suatu kegiatan simulasi dalam menangani security incident yang terjadi di dalam ranah siber atau yang biasa disebut dengan incident response.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Direktorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah, Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan, mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan penyusunan, koordinasi, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi, dan pelaporan kebijakan teknis di bidang investigasi, analisis dampak insiden, mitigasi pasca insiden, penanggulangan insiden dan pemulihan pasca insiden keamanan siber dan/sandi pemerintah. Oleh karena itu, untuk membangun sinergi dan kolaborasi di Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda), maka BSSN menyelenggarakan kegiatan “Cybersecurity Drill Test Sektor Pemerintah dengan mengambil tema Membangun Kesadaran Respon Insiden melalui Cybersecurity Drill Test”. Adapun kegiatan ini dihadiri oleh masing-masing perwakilan peserta dari K/L dan Pemda bertempat di Hotel Mercure Ancol Jakarta pada tanggal 25 s.d 29 Maret 2019.

Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN, Marsekal Muda TNI Asep Chaerudin, M.A.S.S, menyampaikan dalam sambutannya “Dalam membangun sistem keamanan informasi nasional, BSSN mengajak seluruh stakeholder, baik sektor pemerintah, sektor swasta serta akademisi, untuk berpartisipasi aktif, berkolaborasi dan bersinergi dalam mewujudkan keamanan siber di Indonesia”

Kegiatan Drill Test ini dilaksanakan dalam rangka untuk membangun kapabilitas penanggulangan dan pemulihan insiden siber secara nasional dan sebagai upaya untuk mendorong terwujudnya ketahanan nasional di bidang keamanan siber. Hadir sebagai Narasumber pakar Keamanan Siber Bisyron Wahyudi, serta Kepala Subdirektorat Penanggulangan dan Pemulihan Pemerintah Daerah Wilayah I BSSN, Sriyanto. (aah)

Oleh : Bagian Komunikasi Publik, Biro Hukum dan Humas
Sumber : https://bssn.go.id/bssn-selenggarakan-cybersecurity-drill-test-sektor-pemerintah/

1,258 kali dibaca | Operator Admin